Seni Mozaik

Posted by Aprilian Ady Selasa, 30 April 2013 0 komentar
mozaik.jpg image by awalul

Mozaik merupakan kerajinan yang sudah sangat lama dikenal orang. Gambar dan lukisan mozaik banyak ditemukan pada bangunan bangunan kuno di Yunani, Roma dan Negara di Timur Tengah seperti Byzantium.
Dahulu orang membuat gambar mozaik dari bebatuan alam berukuran kecil, dengan warna yang beraneka ragam. Batu batu kecil tersebut disusun menjadi motif berupa gambar yang diinginkan. Misalnya gambar wajah tokoh yang dihormati, atau dapat berupa hewan dan pemandangan.
Kepingan kepingan mozaik dapat juga berupa batu batu alam yang bernilai tinggi, seperti batu batu ruby batu akik atau batu mulia lainnya. Mozaik dari batu alam bentuknya tidak beraturan tetapi ukurannya dipilih serasi satu dengan lainnya.
Keindahan mozaik yang kepingannya adalah bahan batu alami ini, memacu orang untuk membuat hal yang sama. Namun batuan alam yang berwarna warni, saat ini, semakin sulit diperoleh, Kalaupun ada, harganya sangat mahal.Oleh karena itu banyak yang mulai mencoba membuatnya dari kepingan keramik beraneka warna, yang dibentuk persegi kecil kecil untuk kemudian disusun menjadi gambar yang diinginkan dan ternyata hasilnya bagus tidak kalah dengan mozaik dari batu alam.Mozaik dari keramik semuanya terbuat dari keramik yang sudah dibakar
Mozaik dari keramik dapat dikategorikan dalam beberapa klasifikasi yaitu :
Kerajinan Mozaik pecahan
Ini adalah kepingan mozaik yang bentuknya tidak beraturan. Sisinya bersudut tak beraturan dan tepian kepingan mozaik ini tajam, karena kepingan ini diperoleh dengan memecahkan lempengan keramik yang tadinya berukuran besar.Pecahan-pecahan inilah dapat dijadikan kepingan mosik pecahan, bukan hanya tegel keramik tetapi dapat juga keramik yang lain. Misalnya : pecahan piring, genting keramik, pecahan pot bunga bahkan pecahan keramik sanitary ware.
Mozaik dari pecahan keramik ini dapat disusun menjadi gambar tertentu. Karena bentuknya yang tidak beraturan maka agak menyulitkan dalam membuat gambar yang beroutline halus.Biasanya mozaik dari pecahan keramik disusun untuk membuat gambar bercorakabstrak ,atau background dari suatu gambar atau untuk melapisi dinding dan lantai agar terkesan unik. Walaupun kepingan pecahan itu beraturan, Tampilan akhir dari susunan kepingan tak beraturan ini akan mempunyai kesan artistik tersendiri, dan sangat digemari orang sampai sekarang.
Kerajinan Mozaik bentuk seragam beraturan
Ini merdupakan kerajinan membuat kepingan mozaik yang beraturan bentuknya. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan cara memotong kepingan tegel.
Mozaik bentuk seragam beraturan dibuat dengan menggunakan alat potong manual. Yaitu dengan cara memotong tegel utuh dengan menggunakan alat pemotong tegel manual. Untuk menjadikannya kepingan-kepingan kecil berbentuk persegi empat dengan ukuran yang diinginkan. Biasanya ukuran paling kecil 1x1 cm dan terbesar 4 x 4cm. Kepingan mozaik yang dibuat dengan cara ini, hanya dapat menghasil kepingan yang bersisi lurus berbentuk persegi empat atau bujur sangkar. Walaupun jika diinginkan, dapat pula membuat bentuk kepingan segitiga. Dengan menggunakan alat potong manual ini tidak dapat membentuk kepingan berbentuk lingkaran atau oval.
Kerajinan Mozaik bentuk seragam tertentu beraturan dibuat dengan mesin potong.
Ada pabrik tertentu yang sengaja, secara missal, membuat kepingan mozaik dengan corak yang seragam dan beraturan. Kepingan-kepingan mozaik dibentuk mesin press berbentuk bujur sangkar,empat persegi panjang atau lingkaran dengan ukuran ukuran tertentu yang juga seragam. Mozaik bentuk seragam, beraturan dan berbentuk bujur sangkar paling banyak diproduksi secara massal menggunakan mesin press khusus. Kemudaian dilapisi lapisan glasur aneka warna dan kemudian dibakar.
Mozaik bentuk beragam atau mozaik ornamental.
Mozaik jenis ini merupakan pengembangan dari mozaik bentuk seragam, namun sangat berbeda dengan mozaik yang dikenal sebelumnya. Mozaik bentuk tidak seragam ini dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan gambar, dan disaign ornamental geometris. Seperti corak Medalion yang dipasang sebagai ornament hiasan lantai. Selama ini corak medallion kebanyakan dibuat dari marmer, menghias lantai pada ruangan yang cukup luas. Hiasan lantai seperti ini banyak ditemui pada lantai lobby hotel, kantor kantor atau rumah besar.
Mozaik bentuk tidak seragam ini mungkin lebih cocok jika dinamakan Mozaik ornamental.Alasannya adalah karena mozaik ini dikhususkan untuk membuat moti dekorasi ornamental saja yang bercorak medallion(suguhkan gambar).
Kepingan Mozaik ornamental ini hanya dapat dibentuk secara manual dengan menggunakan mesin potong keramik, dilengkapi gergaj pemotong keramik dan mesin gurinda untuk menghaluskannya.Bentuk bentuk mozaik ornamental tidak bujur sangkar. tetapi lebih bervariatif. Sisinya tidak selalu lurus, justru dibuat sebaliknya sedikit melengkung ke dalam atau agar membusur keluar. Mozaik ornamental merupakan kerajinan yang cukup popular saat ini karena tekniknya tidak terlalu sulit dan bahan bakunya yang dari tegel keramik terdapat sangat melimpah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Ady
..

Visitor

Flag Counter

Site Info